TEMPAT WISATA DI KOTA SEOUL “GWANGHWAMUN SQUARE”


Gwanghwamun Square adalah sebuah area yang dibangun dengan mengurangi 16 jalur lalu lintas utama menjadi 10 ruas jalur utama yang berada di tengah-tengah Sejong-ro, yang menghubungkan Jongno-gu Gwanghwamun ke persimpangan Sejong-ro dan Cheongye square, dengan memiliki lebar 34 meter dan panjang 557 meter. Sehingga area ini berubah dari tadinya penuh kemacetan menjadi tempat yang asri sekaligus penuh dengan informasi sejarah dan budaya.
Gwanghwamun Square ini dibangun mulai tanggal 27 Mei 2008, dan dibuka untuk umum pada tanggal 1 Agustus 2009. Wisatawan yang datang juga dapat melihat Istana Gyeongbokgung, Gunung Bungkasan, atau mampir ke gedung Kyobo (toko buku terbesar di Korsel).

Saat berkunjung ke Gwanghwamun Square, Patung Laksamana Yi Sun-Shin dan Air Mancur 12.23 akan menyambut pengunjung dengan gagahnya. Laksamana Yi Sun Shin adalah salah satu laksamana yang terkenal di Korea karena kegagahannya melawan Jepang. Air Mancur 12.23 mencerminkan semangat dari Laksamana Yi Sun Shin, 12.23 memiliki arti yang berkaitan dengan kegagahannya. “12” adalah jumlah kapal yang digunakan saat mengalahkan 133 kapal lawan dalam perang Myeongrangsedangkan “23” adalah jumlah kemenangan yang dimiliki dari 23 kali pertempuran.

Jika berjalan ke arah utara tepat di belakang patung Laksamana Yi Sun Shin terdapat patung Raja Sejong yang sangat berwibawa.
Raja Sejong adalah raja semasa ketika huruf Hangeul (Alphabet Korea) diciptakan pertama kali dan disebarluaskan. Tidak hanya itu, Raja Sejong juga terkenal sebagai raja yang memberikan banyak penemuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, kesenian dan budaya, militer, diplomasi, pertanian, serta astronomi. Di depan patung ini juga ditempatkan replika ragam penemuan pada masa pemerintahan Raja Sejong, seperti Angbuilgu (sejenis jam matahari), dan Chugugi (alat untuk mengukur curah hujan).Di bagian bawah tanah tepat di bawah patung Raja Sejong terdapat Sejong Story Exhibition Hall, disini terdapat semua informasi tentang Raja Sejong. Dimulai dari perkenalan masa kecil sang raja, kepribadian dan hobi yang dimilikinya, prestasi yang ia dapatkan dalam ilmu pengetahuan, seni, serta peraturan militer. Tak ketinggalan juga yang paling penting dari semuanya adalah karya literasi Raja Sejong membuat Hangeul sebagai karakter huruf yang digunakan masyarakat Korea hingga sekarang.
Di bagian Barat dan Timur Gwanghwamun Square terdapat Yeoksamul-il, simbol sejarah dan masa depan. Adalah lempengan batu yang berukirkan peristiwa-peristiwa penting di Korea, mulai dari Dinasti Jeseon sampai tahun 2008. Batu di bagian Barat dibiarkan kosong sehingga dapat diukir untuk peristiwa penting di masa yang akan datang.
Jika di bawah patung Raja Sejong terdapat Sejong Story Exhibition Hall, maka tepat di bawah patung Laksamana Yi Sun Shin di area bawah tanah, akan terlihat galeri Haechi Madang. Haechi adalah simbol yang menjaga kota Seoul, diambil dari hewan mitos perpaduan antara Unicorn dan Singa. Haechi dipercaya menjaga kota Seoul dari kekuatan roh jahat. Ruang perawatan, ruang informasi, dan toilet juga tersedia di area yang juga berhubungan dengan Gwanghwamun Station (dilalui subway jalur lima) tersebut.
Selain itu, Gwanghwamun masih memiliki banyak pesona lain yang bisa kamu nikmati. Berjalanlah ke arah Utara, setelah patung raja Sejong terdapat enam tiang sebagai tanda pusat area Gwanghwamun. Di sebelahnya terdapat taman bunga yang memiliki motif khas Korea. Sangat cantik. Kamu dapat mengambil foto di spot foto yang telah disediakan untuk mengabadikan keindahannya.
Gwanghwamun Square juga menjadi tempat yang strategis untuk pengadaan event, seperti saat terakhir kali saya mengunjungi Gwanghwamun Square. Di depan patung Raja Sejong diadakan pameran foto pada saat Perang Korea.
Tempat berada di sebelah Barat berseberangan dengan Gwanghwamun Square, ada sebuah toko buku terbesar pertama di Korea yang dibuka tahun 1981. Tempat ini dapat juga diakses melalui jalan bawah tanah yang berhubungan dengan galeri Haechi Madang. Kyobo menyediakan buku-buku lokal dan impor, alat musik, barang-barang fashion, dan electronic gadgets.
Ingin pergi ke sana ? 🙂

3 Balasan ke TEMPAT WISATA DI KOTA SEOUL “GWANGHWAMUN SQUARE”

  1. Nao mengatakan:

    yuk chingu yang mau liburan bareng ke korea dgn budget murah, sms me 089636035335 or omii_l@yahoo.com

  2. jimmy bonang mengatakan:

    wah ngeliat tempatnya yg luas begitu dan ada kisah2nya jadi pengen banget deh ke Korea, apalagi menurut berita dan dari SNS2 wisata Korea sekarang sedang musim semi yaa??
    pasti makin asik klo liburan ke Korea saat2 musim semi

    salam blogwalking Maddi Jane, Artis Baru Youtube

  3. Click Your Hobby mengatakan:

    sumpah ngebacanya jadi pengen banget saya ke Korea^^

Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: